STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TINGKAT
SD, MI, DAN SDLB
Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)
A.
Latar Belakang
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan
bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan, bertujuan untuk
mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan
berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan
moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui
aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan terpilih yang direncanakan secara
sistematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.
Pendidikan sebagai suatu proses pembinaan manusia yang
berlangsung seumur hidup, pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang
diajarkan di sekolah memiliki peranan sangat penting, yaitu memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam berbagai
pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani,
olahraga dan kesehatan yang terpilih yang dilakukan secara
sistematis. Pembekalan pengalaman
belajar itu diarahkan untuk membina pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis
yang lebih baik, sekaligus membentuk pola hidup sehat dan bugar sepanjang hayat.
Pendidikan memiliki sasaran pedagogis, oleh karena itu pendidikan kurang
lengkap tanpa adanya pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, karena gerak
sebagai aktivitas jasmani adalah dasar bagi manusia untuk mengenal dunia dan
dirinya sendiri yang secara alami berkembang searah dengan perkembangan zaman.
Selama ini telah terjadi kecenderungan dalam memberikan
makna mutu pendidikan yang hanya dikaitkan dengan aspek kemampuan kognitif.
Pandangan ini telah membawa akibat terabaikannya aspek-aspek moral, akhlak,
budi pekerti, seni, psikomotor, serta life skill. Dengan diterbitkannya
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
akan memberikan peluang untuk menyempurnakan kurikulum yang komprehensif dalam
rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.
Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan merupakan
media untuk mendorong pertumbuhan fisik, perkembangan psikis, keterampilan
motorik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai-nilai (sikap-mental-emosional-sportivitas-spiritual-sosial),
serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan
dan perkembangan kualitas fisik dan psikis
yang seimbang.
B. Tujuan
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan bertujuan agar peserta
didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Mengembangkan keterampilan
pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani
serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang
terpilih
2. Meningkatkan pertumbuhan fisik
dan pengembangan psikis yang lebih baik.
3. Meningkatkan kemampuan dan
keterampilan gerak dasar
4. Meletakkan landasan karakter
moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam
pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
5.
Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama,
percaya diri dan demokratis
6.
Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang
lain dan lingkungan
7.
Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk
mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran,
terampil, serta memiliki
sikap yang positif.
C. Ruang
Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Pendiidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan meliputi
aspek-aspek sebagai berikut.
1. Permainan dan olahraga
meliputi: olahraga
tradisional, permainan. eksplorasi gerak, keterampilan lokomotor
non-lokomotor,dan manipulatif, atletik, kasti, rounders, kippers, sepak bola, bola basket, bola voli,
tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis, dan beladiri, serta aktivitas lainnya
2. Aktivitas pengembangan
meliputi: mekanika sikap tubuh, komponen kebugaran jasmani, dan bentuk postur
tubuh serta aktivitas lainnya
3. Aktivitas senam meliputi:
ketangkasan sederhana, ketangkasan tanpa alat, ketangkasan dengan alat, dan
senam lantai, serta aktivitas lainnya
4. Aktivitas ritmik meliputi: gerak bebas, senam pagi, SKJ,
dan senam aerobic serta aktivitas lainnya
5. Aktivitas air meliputi: permainan di air, keselamatan
air, keterampilan bergerak di air, dan
renang serta
aktivitas lainnya
6. Pendidikan luar kelas,
meliputi: piknik/karyawisata, pengenalan lingkungan,
berkemah, menjelajah, dan mendaki gunung
7. Kesehatan, meliputi penanaman budaya hidup sehat dalam
kehidupan sehari- hari, khususnya yang terkait dengan perawatan tubuh agar
tetap sehat, merawat lingkungan yang sehat, memilih makanan dan minuman yang
sehat, mencegah dan merawat cidera, mengatur
waktu istirahat yang tepat dan berperan aktif dalam kegiatan P3K dan UKS. Aspek kesehatan merupakan aspek
tersendiri, dan secara implisit masuk ke dalam semua aspek.
D. Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas I, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Mempraktikkan gerak dasar ke
dalam permainan sederhana/ aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di
dalamnya
|
1.1 Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan
lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran,
kerjasama, toleransi dan percaya diri
1.2 Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun
ataupun menekuk dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas,
kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri
1.3 Mempraktikkan gerak dasar lempar tangkap
dan sejenisnya dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran,
kerjasama, toleransi dan percaya diri
|
2. Mendemonstrasikan sikap
tubuh dalam berbagai posisi
|
2.1 Mendemonstrasikan sikap tubuh dalam posisi
berdiri
2.2 Mendemonstrasikan sikap tubuh dalam posisi
berjalan
|
3.
Mempraktikkan senam lantai sederhana tanpa alat dan nilai yang terkandung di
dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan gerak keseimbangan statis
tanpa alat, serta nilai percaya diri dan disiplin
3.2 Mempraktikkan gerak keseimbangan dinamis
tanpa alat, serta nilai percaya diri dan disiplin
|
4.
Mengungkapkan perasaan melalui gerak
berirama dan nilai yang terkandung di dalamnya
|
4.1 Mempraktikkan gerak bebas berirama tanpa
menggunakan musik dan nilai disiplin dan kerjasama
4.2 Mempraktikkan gerak bebas
berirama menggunakan musik dan nilai disiplin dan kerjasama
|
5. Menerapkan
budaya hidup sehat
|
5.1 Menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku
dan kulit
5.2 Mengenal pentingnya imunisasi
|
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Kelas I, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
6. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam
aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya
|
6.1 Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan
lompat ke berbagai arah dengan berbagai pola dalam permainan sederhana, serta
nilai kerjasama, kejujuran, tanggung jawab dan toleransi
6.2 Mempraktikkan gerak dasar memutar,
mengayun, menekuk dalam permainan sederhana, dan nilai kerjasama, toleransi,
kejujuran dan tanggung jawab
6.3 Mempraktikkan gerak dasar menangkap obyek
berbagai ukuran dalam permainan sederhana , dan kerjasama, toleransi,
kejujuran dan tanggung jawab
|
7.
Membiasakan penampilan sikap tubuh dalam berbagai posisi
|
7.1 Membiasakan penampillan sikap tubuh dalam posisi diam
7.2 Membiasakan penampilkan sikap tubuh dalam
posisi bergerak
|
8.
Mempraktikkan gerakan senam lantai sederhana dan nilai yang terkandung
di dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan gerakan senam lantai
sederhana, serta nilai percaya diri dan disiplin
8.2 Mempraktikkan gerak peregangan dan
pelemasan dalam kegiatan pemanasan sederhana dengan benar serta nilai
disiplin
|
9. Menampilkan perasaan melalui musik dan
gerak berirama serta nilai yang terkandung di dalamnya
|
9.1 Menampilkan gerak bebas berirama
diorientasikan dengan arah mengikuti bunyi-bunyian secara individu, serta
nilai estetika
9.2 Menampilkan gerak bebas
berirama diorientasikan dengan arah menggunakan bunyi-bunyian secara
berpasangan/ kelompok kecil, serta nilai estetika
|
10.
Mempraktikkan dasar-dasar pengenalan air dan nilai yang terkandung di
dalamnya*)
|
10.1 Mempraktikkan aktivitas
dasar di air
10.2 Mempraktikkan berbagai
permainan di air dangkal disertai
nilai percaya diri, kebersihan, dan disiplin
|
11.
Mempraktikkan pengenalan lingkungan sekolah melalui aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya***)
|
11.1 Mempraktikkan
pengenalan lingkungan sekolah secara beregu, dan nilai disiplin, kerjasama,
dan kebersihan lingkungan
11.2 Mempraktikkan berbagai aktivitas jasmani
yang menyenangkan di lingkungan sekolah, dan nilai disiplin, kerja sama dan
pola hidup sehat
11.3 Mempraktikkan pemanfaatan makanan dan
minuman yang baik
|
12.
Menerapkan budaya hidup sehat
|
12.1 Menjaga kebersihan gigi dan mulut
12.2 Mengenal makanan sehat
|
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Kelas II,
Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Mempraktikkan variasi gerak dasar melalui permainan dan aktivitas jasmani,
dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang bervariasi dalam
permainan yang menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran,
tanggungjawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri
Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun, menekuk lutut dalam berbagai
variasi permainan sederhana serta nilai kerjasama, toleransi, kejujuran,
tanggungjawab, menghargai lawan dan memahami diri sendiri
1.3 Mempraktikkan gerak
dasar melempar, menangkap, menendang
dan menggiring bola ke berbagai arah dalam permainan sederhana serta nilai kerjasama,
toleransi, kejujuran, tanggungjawab, menghargai lawan dan memahami diri
sendiri
|
2. Mempraktikkan latihan dasar kebugaran
jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
2.1
Mempraktikkan satu jenis bentuk latihan untuk meningkatkan kekuatan
otot lengan dan tungkai dengan mengikuti
aturan
2.2 Mempraktikkan berbagai aktivitas untuk
melatih keseimbangan statis dan dinamis, serta nilai disiplin dan estetika
2.3 Membiasakan bergerak dengan benar
|
3. Mempraktikkan senam
ketangkasan dasar dan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya
|
3.1
Mempraktikkan senam ketangkasan sederhana tanpa menggunakan alat: melompat dan
meloncat dengan isyarat ke berbagai arah
3.2 Mempraktikkan senam ketangkasan dengan
menggunakan alat sederhana dengan percaya diri
|
4.
Mempraktikkan keterampilan dasar
ritmik diorientasikan dengan arah dan ruang dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
4.1 Mempraktikkan gerak ritmik ke depan,
belakang ataupun samping secara berpasangan dengan diiringi musik , dan nilai
kerja sama
4.2
Mempraktikkan gerak ritmik diorientasikan dengan ruang secara beregu tanpa
menggunakan musik, serta nilai disiplin dan kerja sama
|
5.
Menerapkan budaya hidup sehat
|
5.1 Menjaga kebersihan rambut, hidung, dan
telinga
5.2 Memilih makanan bergizi
|
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Kelas II , Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
6. Mempraktikkan gerak dasar
kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
6.1 Mempraktikkan latihan
dasar untuk meningkatkan kekuatan
otot dada, otot punggung, dengan mengikuti aturan
6.2
Mempraktikkan latihan dasar untuk melatih kelentukan persendian anggota badan
bagian atas dengan mengikuti aturan
|
7.
Mempraktikkan senam ketangkasan sederhana dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
7.1 Mempraktikkan dua bentuk senam
ketangkasan: melompat dan berputar 90 derajat saat di udara, melompati benda
sesuai dengan kemampuan serta memperhatikan faktor keselamatan
7.2 Mempraktikkan rangkaian gerak senam
ketangkasan sederhana: berjalan dan berguling ke depan, memindahkan berat
tubuh dari satu titik ke titik yang lain dengan kontrol yang baik
|
8.
Mempraktikkan keterampilan dasar ritmik diorientasikan dengan arah dan
ruang dengan menggunakan atau tanpa musik, memiliki pengetahuan dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan
keterampilan dasar gerak ritmik yang berorientasi pada arah dan ruang secara
berpasangan, menggunakan atau tanpa musik, serta nilai kerjasama, dan
disiplin
8.2
Mempraktikkan keterampilan dasar gerak ritmik yang berorientasi pada arah dan
ruang secara beregu menggunakan atau tanpa musik serta nilai kerjasama, dan
disiplin
|
9.
Mempraktikkan gerak dasar renang, dan nilai-nilai yang terkandung
didalamnya*)
|
9.1 Mempraktikkan gerak lengan dan tungkai
untuk mengangkat tubuh di dalam air
9.2 Mempraktikkan keseimbangan tubuh dan
penyelamatan diri di air serta memperhatikan faktor keselamatan diri dan
orang lain, serta nilai kebersihan
9.3
Mempraktikkan gerak dasar renang: mengapung, menenggelamkan diri di
dalam air, dan bernapas, serta nilai disiplin
|
10. Mempraktikkan kegiatan jasmani
di lingkungan di sekitar sekolah, dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya***)
|
10.1 Mempraktikkan berbagai
aktivitas fisik di lingkungan sekolah dan nilai kebersihan, kesehatan dan
keselamatan
10.2
Mengikuti rambu-rambu perjalanan di lingkungan sekolah secara beregu
dan memperhatikan faktor keselamatan, kerjasama dan disiplin
10.3
Membiasakan menggunakan pakaian dan sepatu yang sesuai
|
11. Menerapkan budaya hidup sehat
|
11.1
Menjaga kebersihan tangan dan kaki
11.2
Mengenal cara makan sehat
|
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Kelas III, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Mempraktikkan berbagai kombinasi gerak dasar melalui permainan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
1.1 Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak
jalan dan lari dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerja sama
1.2
Mempraktikkan kombinasi berbagai gerak mengayun, membungkuk dan menekuk dalam
permainan sederhana, serta aturan, dan kerja sama
1.3
Mempraktikkan kombinasi gerak dasar melempar, menangkap dan menendang
dengan koordinasi yang baik dalam
permainan sederhana,serta aturan, dan kerja sama
|
2.
Mempraktikkan aktivitas kebugaran jasmani secara sederhana dan nilai
nilai yang terkandung didalamnya
|
2.1
Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan kekuatan otot-otot
bahu dan dada secara sederhana serta nilai disiplin
2.2
Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan
secara sederhana serta nilai disiplin
|
3.
Mempraktikkan gerak senam lantai, senam ketangkasan dasar dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan keseimbangan dalam bentuk
senam lantai dasar, serta nilai keselamatan, disiplin dan keberanian
3.2
Mempraktikkan gerak kombinasi senam ketangkasan dasar, serta nilai
keselamatan, disiplin dan keberanian
|
4.
Mempraktikkan gerak dasar melaului aktivitas ritmik dan nilai-nilai
yang terkandung didalamnya
|
4.1 Mempraktikkan gerak dasar mengayun dan
menekuk lutut dalam aktivitas ritmik sederhana tanpa musik, serta nilai
percaya diri dan disiplin
4.2
Mempraktikkan gerak dasar mengayun dan menekuk lutut dalam aktivitas
ritmik sederhana beregu tanpa atau dengan iringan musik, serta nilai percaya
diri, disiplin dan kerja sama
|
5.
Menerapkan budaya hidup sehat
|
5.1 Menjaga kebersihan pakaian
5.2 Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat
|
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Kelas III, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6.
Mempraktikkan berbagai gerak dasar dalam permainan sederhana dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
6.1
Mempraktikkan kombinasi gerak dasar jalan, lari dan lompat dengan koordinasi
yang baik dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama, toleransi,
kejujuran, tanggung jawab dan menghargai lawan atau diri sendiri
6.2
Mempraktikkan kombinasi gerak memutar, menekuk lutut, mengayun lengan dan
meliukkan badan dengan koordinasi gerak yang baik dalam permainan sederhana,
serta nilai kerjasama dan menghargai lawan atau diri sendiri
6.3
Mempraktikkan kombinasi gerak
dasar memvoli, memantulkan,
menendang, dan mengontrol bola
dengan koordinasi yang baik dalam
permainan sederhana, serta nilai kerjasama, toleransi, tanggung jawab,
menghargai lawan atau diri
sendiri, dan bersedia berbagi tempat dan peralatan dalam bermain
|
7. Mempraktikkan latihan
dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
7.1 Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk
meningkatkan kelentukan dan kelenturan, serta nilai disiplin, dan keselamatan
7.2 Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk
meningkatkan koordinasi gerak, dan nilai disiplin
|
8. Mempraktikkan senam
ketangkasan dasar dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan senam ketangkasan sederhana tanpa alat, dan nilai
disiplin
8.2 Mempraktikkan senam ketangkasan yang agak
kompleks menggunakan alat, dan nilai disiplin,
|
9. Mempraktikkan gerak ritmik dasar yang
berorientasi dengan arah, ruang, dan waktu dengan atau tanpa musik, dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
9.1 Mempraktikkan gerak lokomotor
dalam gerak ritmik diorientasikan pada arah, ruang, dan waktu secara
individual dengan atau tanpa menggunakan musik, serta nilai percaya diri dan
disiplin
9.2 Mempraktikkan gerak lokomotor dalam aktivitas
ritmik yang berorientasi pada arah, ruang dan waktu secara beregu dengan atau
tanpa menggunakan musik, serta nilai percaya diri,
disiplin dan kerjasama |
10. Mempraktikkan gerak
dasar renang gaya dada, dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya*)
|
10.1 Mempraktikkan gerak dasar meluncur,
menggerakkan tungkai, menggerakkan lengan dan nilai kebersihan
10.2 Mempraktikkan cara bernapas renang gaya
dada dan nilai kebersihan
10.3 Mengkombinasikan gerakan lengan dan tungkai
renang gaya dada dan nilai kebersihan
|
11. Mempraktikkan pemanfaatan
lingkungan sekitar sekolah untuk aktivitas jasmani dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya***)
|
11.1 Mempraktikkan gerak
lokomotor dalam mengikuti jejak dan nilai disiplin, kerjasama, memperhatikan
faktor keselamatan
11.2
Mempraktikkan pemilihan tempat yang
aman untuk bermain di lingkungan sekolah
11.3 Mempraktikkan penjagaan keselamatan diri dan orang lain selama melakukan
aktivitas di lingkungan sekitar sekolah, dan nilai kebersihan
|
12. Menerapkan budaya hidup
sehat
|
12.1 Mengenal bahaya
penyakit diare, demam berdarah dan influenza
12.2 Mengenal cara
menggunakan peturasan
|
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Kelas IV, Semester
1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan
sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
1.1
Mempraktikkan gerak dasar dalam permainan bola kecil sederhana dengan
peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama tim, sportivitas, dan
kejujuran**)
1.2 Mempraktikkan gerak dasar atletik sederhana, serta nilai semangat, percaya
diri dan disiplin**)
1.3. Mempraktikkan gerak dasar permainan bola
besar sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerja sama, sportivitas, dan kejujuran**)
|
2.
Mempraktikkan latihan untuk meningkatkan kebugaran dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
2.1 Mempraktikkan aktivitas permainan sederhana untuk melatih daya
tahan dan kekuatan otot, serta nilai kerja
keras, dan disiplin
2.2 Mempraktikkan aktivitas permainan untuk
melatih kelenturan dan koordinasi, serta nilai kerja keras, dan disiplin
|
3. Mempraktikkan berbagai bentuk
latihan senam lantai yang lebih kompleks dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan kombinasi gerak
senam lantai tanpa alat dengan memperhatikan
faktor keselamatan, dan nilai disiplin serta keberanian
3.2 Mempraktikkan kombinasi gerak
senam lantai dengan alat dengan
memperhatikan faktor keselamatan, dan
nilai disiplin serta keberanian
|
4. Mempraktikkan keterampilan gerak ritmik
terstruktur secara beregu tanpa dan dengan menggunakan musik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
4.1
Mempraktikkan gerak ritmik diorientasikan pada arah, ruang dan waktu secara beregu
menggunakan musik,serta nilai estetika
4.2
Mempraktikkan keterampilan gerak ritmik terstruktur secara beregu
tanpa menggunakan musik, serta nilai estetika
|
5. Menerapkan budaya hidup sehat
|
5.1
Menjaga kebersihan lingkungan rumah dan sekolah
5.2
Membiasakan membuang sampah pada tempatnya
|
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Kelas IV, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6.
Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
6.1
Mempraktikkan gerak dasar berbagai gerakan yang bervariasi dalam permainan bola kecil beregu dengan
peraturan yang dimodifikasi, serta
nilai kerja sama regu, sportivitas, dan kejujuran**)
6.2 Mempraktikkan gerak dasar berbagai gerakan
yang bervariasi dalam permainan bola
besar beregu dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerja sama regu, sportivitas,
dan kejujuran**)
|
|
6.3 Mempraktikkan gerak dasar atletik yang
dimodifikasi: lompat, loncat dan
lempar, dengan memperhatikan nilai-nilai pantang menyerah, sportifitas,
percaya diri, dan kejujuran**)
|
7. Mempraktikkan latihan kebugaran yang lebih
kompleks untuk meningkatkan keterampilan dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
|
7.1 Mempraktikkan aktivitas dan permainan
untuk melatih daya tahan dan kekuatan
dengan kecepatan dan kualitas gerak yang meningkat, serta nilai kerja keras,
disiplin, kerjasama, dan kejujuran
7.2
Mempraktikkan aktivitas dan permainan untuk melatih kelentukan dan
koordinasi dengan kecepatan dan kualitas gerak yang meningkat, serta nilai kerja keras,
disiplin, kerja sama, dan kejujuran
|
8.
Mempraktikkan senam lantai dengan kompleksitas gerakan yang lebih
tinggi, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
8.1
Mempraktikkan senam lantai tanpa menggunakan alat dengan koordinasi yang baik
serta nilai kerja sama dan estetika
8.2 Mempraktikkan senam ketangkasan dengan menggunakan alat dengan
koordinasi yang baik serta nilai disiplin dan kerja sama
|
9.
Mempraktikkan keterampilan gerak ritmik terstruktur secara beregu
tanpa dan dengan menggunakan musik, serta nilai-nilai yang terkandung
didalamnya
|
9.1
Mempraktikkan keterampilan gerak ritmik terstruktur (misal SKJ) secara beregu
menggunakan musik, serta nilai kerja sama, disiplin dan estetika.
9.2 Memperbaiki
kesalahan gerak dalam gerak ritmik terstruktur (misal SKJ) secara beregu
menggunakan musik, serta nilai kerja sama,disiplin dan estetika
|
10.
Mempraktikkan gerak dasar renang gaya bebas dan nilai-nilai yang
terkandung didalamnya *)
|
10.1
Mempraktikkan gerak dasar; meluncur, menggerakkan tungkai, menggerakkan
lengan serta nilai kebersihan
10.2 Mempraktikkan cara
bernapas dalam renang gaya bebas
10.3 Mengkombinasaikan
gerakan lengan dan tungkai renang gaya bebas
10.4 Mempraktikkan dasar-dasar keselamatan di air
|
11. Mempraktikkan kegiatan berkemah di lingkungan
sekitar sekolah dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya***)
|
11.1 Mempraktikkan berbagai keterampilan yang
sesuai untuk kegiatan perkemahan,
serta nilai kerja sama, tanggungjawab, disiplin, dan mengikuti aturan
11.2 Mempraktikkan aktivitas
jasmani yang berisi tantangan dalam perkemahan
11.3 Mempraktikkan pola hidup sehat
|
12. Menerapkan budaya hidup sehat
|
12.1 Mengenal berbagai upaya
dalam menjaga kebersihan lingkungan
12.2 Menjaga kebersihan
lingkungan terhadap sumber penularan
penyakit seperti nyamuk dan unggas
|
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Kelas V, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Mempraktikkan berbagai variasi gerak dasar ke dalam permainan dan
olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya
|
1.1
Mempraktikkan variasi gerak dasar ke dalam modifikasi permainan bola
kecil, serta nilai kerjasama, sportivitas, dan kejujuran**)
1.2
Mempraktikkan variasi gerak dasar ke dalam modifikasi permainan bola
besar, serta nilai kerjasama, sportivitas, dan kejujuran**)
1.3
Mempraktikkan variasi gerak dasar ke dalam modifikasi atletik, serta
nilai semangat, sportivitas, percaya diri dan kejujuran**)
|
2.
Mempraktikkan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang
terkandung didalamnya
|
2.1
Mempraktikkan aktivitas untuk kekuatan otot-otot anggota badan bagian
atas, serta nilai kerja keras, disiplin, kerjasama, dan kejujuran
2.2
Mempraktikkan aktivitas untuk kecepatan dan kualitas gerak yang
meningkat, serta nilai kerja keras,
disiplin, kerjasama, dan kejujuran
|
3. Mempraktikkan berbagai bentuk senam
ketangkasan dengan kontrol yang baik, dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan latihan peregangan dan
pelemasan yang benar sebelum memulai aktivitas senam,serta nilai percaya
diri, dan disiplin
3.2 Mempraktikkan bentuk-bentuk
senam ketangkasan dalam meningkatkan koordinasi dan nilai nilai percaya diri
dan disiplin
|
4.
Mempraktikkan berbagai gerak dasar dalam gerak ritmik, dan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya
|
4.1 Mempraktikkan pola
jalan, lari dan lompat dalam gerak ritmik, serta nilai kerjasama, percaya
diri, dan disiplin
4.2 Mempraktikkan kombinasi pola
gerak jalan, lari dan lompat dalam
gerak ritmik, serta nilai kerjasama, percaya diri, dan disiplin
|
5. Menerapkan budaya hidup sehat
|
5.1 Mengenal cara menjaga
kebersihan alat reproduksi
5.2 Mengenal berbagai bentuk
pelecehan seksual
5.3 Mengenal cara menjaga
diri dari pelecehan seksual
|
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Kelas V,
Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6. Mempraktikkan berbagai
variasi gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan
yang dimodifikasi dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
6.1
Mempraktikkan variasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola
besar, serta nilai kerja sama, sportivitas, dan kejujuran**)
6.2 Mempraktikkan variasi
teknik dasar ke dalam modifikasi permainan bola kecil, serta nilai kerja sama, sportivitas, dan
kejujuran**)
6.3 Mempraktikkan variasi teknik dasar atletik yang
dimodifikasi, serta nilai semangat, sportivitas, kerjasama, percaya diri dan
kejujuran**)
|
7. Mempraktikkan latihan dasar kebugaran jasmani
dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
7.1 Mempraktikkan aktivitas
untuk kekuatan otot-otot anggota badan bagian bawah, serta nilai kerja keras,
disiplin, kerjasama, dan kejujuran
7.2 Mempraktikkan aktivitas untuk
kelincahan dengan kualitas gerak yang meningkat , serta nilai kerja keras,
disiplin, kerjasama, dan kejujuran
|
8. Mempraktikkan berbagai bentuk
senam ketangkasan dengan koordinasi yang baik, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan sebuah
rangkaian gerak senam ketangkasan dengan konsisten, tepat, dan koordinasil
yang baik, serta nilai keselamatan, disiplin, dan keberanian
8.2 Mempraktikkan bentuk-bentuk
rangkaian gerak senam ketangkasan dengan koordinasi dan kontrol yang baik,
serta nilai keselamatan, disiplin, dan keberanian
|
9. Mempraktikkan kombinasi berbagai
gerak dasar dalam gerak berirama dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
9.1
Mempraktikkan kombinasi pola gerak mengayun, menarik, menekuk, meliuk,
memutar dalam gerak berirama , serta nilai kerja sama, percaya diri, dan
disiplin
9.2 Mempraktikkan satu pola gerak
berirama terstruktur dengan konsisten dan lancar serta nilai kerjasama,
percaya diri, dan disiplin
|
10. Mempraktikkan gerak dasar renang
gaya punggung, dan nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya*)
|
10.1 Mempraktikkan gerak
dasar renang gaya punggung: meluncur, menggerakkan tungkai, menggerakkan
lengan, serta nilai kebersihan, keberanian dan percaya diri
10.2 Mempraktikkan kombinasi gerakan lengan dan
tungkai renang gaya punggung, serta nilai keberanian dan percaya diri
|
11. Mempraktikkan penjelajahan di
linkungan sekitar sekolah, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***)
|
11.1 Mempraktikkan
pembuatan rencana kegiatan
penjelajahan
11.2 Mempraktikkan berbagai
keterampilan gerak dalam kegiatan penjelajahan di lingkungan sekolah yang
sehat, serta nilai kerjasama, disiplin, keselamatan, kebersihan, dan etika
|
12. Menerapkan budaya hidup sehat
|
12.1 Mengenal bahaya merokok
bagi kesehatan
12.2 Mengenal bahaya miruman
keras
|
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Kelas VI, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mempraktikkan berbagai gerak
dasar permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi, dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
1.1 Mempraktikkan gerak dasar salah satu
permainan bola kecil dengan koordinasi dan kontrol yang baik dengan peraturan
yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, sportivitas, dan kejujuran**)
1.2
Mempraktikkan gerak dasar salah satu permaian bola besar dengan
koordinasi dan kontrol yang baik dengan peraturan yang dimodifikasi, serta
nilai kerjasama, sportivitas, dan kejujuran**)
1.3
Mempraktikkan koordinasi gerak dasar dalam teknik lari, lempar dan
lompat dengan peraturan yangdimodifikasi, serta nilai semangat, sportivitas,
percaya diri dan kejujuran
|
2. Mempraktikkan latihan
peningkatan kualitas jasmani (komponen kebugaran jasmani), dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya |
2.1 Mengidentifikasi anggota tubuh yang perlu
dilatih untuk memperbaiki postur
2.2 Mempraktikkan berbagai latihan untuk
memperbaiki cacat jasmani bukan bawaan, serta nilai keselamatan, disiplin,
dan kerja keras
2.3
Mempraktikkan jenis latihan yang sesuai untuk mempertahankan dan
memperbaiki postur tubuh, serta nilai keselamatan, disiplin, kerjakeras
|
3. Mempraktikkan kombinasi senam
lantai dan senam ketangkasan dalam bentuk sederhana, dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
|
3.1
Mempraktikkan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah
melaksanakan aktivitas senam
3.2
Mempraktikkan rangkaian senam lantai dan senam ketangkasan dengan
gerakan yang lebih halus, jelas dan lancar, serta nilai percaya diri,
disiplin dan estetika
|
4.
Mempraktikkan rangkaian gerak ritmik sederhana berpasangan, dan
beregu, serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
4.1 Mempraktikkan rangkaian gerak ritmik
sederhana menggunakan gerak jalan dan
lompat secara berpasangan, serta nilai kerja sama, disiplin dan estetika
4.2
Mempraktikkan rangkaian gerak ritmik sederhana beregu dengan kompak,
serta nilai kerjasama, disiplin dan estetika
|
5.
Menerapkan budaya hidup sehat
|
5.1 Mengenal bahaya narkoba
5.2 Mengenal cara menghindari bahaya narkoba
|
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Kelas VI, Ssmeste 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6. Mempraktikkan berbagai gerak
dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi, dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
6.1 Mempraktikkan penerapan
teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar dengan peraturan
yang dimodifikasi, serta nilai kerja sama, sportivitas dan kejujuran**)
6.2 Mempraktikkan penerapan teknik
dasar salah satu permainan dan olahraga bola kecil dengan peraturan yang
dimodifikasi, serta nilai kerja sama, sportivitas dan kejujuran**)
6.3 Mempraktikkan pengembangan
koordinasi beberapa nomor teknik dasar atletik dengan peraturan yang
dimodifikasi, serta nilai sportivitas, percaya diri dan kejujuran**)
|
7.Mempraktikkan
latihan peningkatan kualitas kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
7.1 Mempraktikkan sikap hidup sehat
untuk memelihara kondisi
kesehatan
7.2 Mempraktikkan peregangan
otot dan pelemasan persendian dengan baik sebelum latihan, serta nilai
disiplin.
7.3 Mempraktikkan aktivitas
kondisi fisik secara terencana dan sungguh sungguh
7.4 Mempraktikkan aktivitas secara
berkelanjuatan dalam rangka meningkatkan kebugaran , serta nilai keselamatan,
disiplin dan kerja keras
|
8.
Mempraktikkan kombinasi senam lantai dan senam ketangkasan dalam
bentuk sederhana, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
8.1
Mempraktikkan kombinasi gerak senam lantai dan senam ketangkasan dengan
konsisten, dan kontrol yang baik, serta nilai keselamatan,disiplin, dan
kerjasama
8.2
Mempraktikkan kombinasi bentuk-bentuk senam lantai dan senam ketangkasan
dengan koordinasi, dan kontrol yang baik, serta nilai keselamatan, disiplin,
dan kerjasama
|
9.
Mempraktikkan rangkaian gerak ritmik sederhana secara berpasangan
maupun beregu, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
9.1 Mempraktikkan gerak
ritmik sederhana di tempat dengan gerakan membungkuk, menekuk maupun
meliuk secara berpasangan dan beregu, serta nilai kerja sama, disiplin, dan
estetika
9.2 Mempraktikkan kombinasi
gerak ritmik sederhana dengan jalan
dan lompat secara berpasangan dan
beregu, serta nilai kerja sama, disiplin, dan estetika
|
10. Mempraktikkan gerak dasar salah
satu gaya renang dengan koordinasi gerak yang baik, dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya*)
|
10.1 Mempraktikkan gerak dasar meluncur,
menggerakkan tungkai maupun lengan
renang gaya dada dengan koordinasi gerak yang lebih baik serta nilai
keberanian, disiplin, dan kebersihan
10.2 Mempraktikkan cara bernapas salah satu
gaya renang, serta nilai keberanian, disiplin, dan kebersihan
10.3 Mempraktikkan kombinasi
gerakan lengan dan tungkai dalam renang gaya dada, serta nilai keberanian dan disiplin
10.4 Mempraktikkan
dasar-dasar keselamatan di air
|
11.
Mempraktikkan penjelajahan dan perkemahan di alam bebas, serta nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya***)
|
11.1 Mempraktikkan aktivitas penjelajahan di alam bebas secara
sederhana, serta nilai kerja sama, tanggung jawab, disiplin, dan keselamatan
11.2
Mempraktikkan pemasangan kemah bersama, serta nilai kerja sama,
tanggung jawab, disiplin, dan keselamatan
|
12. Menerapkan
budaya hidup sehat
|
12.1 Mengenal cara menolak
ajakan menggunakan narkoba
12.2 Mengenal cara menolak
perlakuan pelecehan seksual
|
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Keterangan
1.
Diajarkan sebagai kegiatan pilihan,
disesuaikan dengan situasi dan kondisi
sekolah
Materi pilihan, disesuaikan dengan fasilitas
dan peralatan yang tersedia
Diajarkan sebagai kegiatan yang dapat
dilakukan dalam semester 1 dan atau
semester 2
2.
Untuk pembinaan peserta didik
ynag berminat terhadap salah satu atau beberapa cabang tertentu dapat dilakukan
melalui kegiatan ekstra kurikuler
E.
Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar
menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan
pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam
merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar
Proses dan Standar Penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar